Peradaban Manusia Dibangun Dari Kerendahan Hati Karena Ketidaktahuan

 

Richard Feynman salah satu ilmuwan genius dalam bidang fisika quantum pernah mengatakan “sebenarnya gak masalah klo kamu gak tahu sesuatu tidak perlu malu dengan hal itu, justru yg memalukan itu adalah pura2 tahu semua hal

Pandangan Richard Feynman ini sendiri adalah semangat dasar dari sains dan teknologi yg mencoba mencari tahu jawaban suatu masalah atau suatu fenomena alam dengan kerendahan hati mengakui ketidaktahuannnya.

Tapi dengan semangat semacam inilah peradaban kita di bangun.

 

Seperti contohnya :

 


 

  1. Jaman dulu kita tidak tahu apa itu petir tapi kemudian dengan berbagai penelitian kita tahu klo petir itu sebenarnya adalah listrik statis lalu dari hal tersebut kita bisa memahami sifat energi listrik dan membuat pembangkit listrik,

  2. Jaman dulu kita juga tidak tahu caranya terbang kemudian dengan percobaan mekanik, pergerakan angin, serta teknik kita akhirnya bisa membikin pesawat terbang, bahkan kita sekarang bisa terbang keluar angkasa.

  3. Jaman dulu kita tidak tahu apa penyebab banyak orang mati karena wabah blackdeath tapi kemudian dengan penelitian medis dan obat2an kita mengetahui ternyata wabah itu berasal dari bakteri dan virus yg dibawa kutu tikus, dan dengan teknik sanitasi dan obat2an akhirnya kita bisa menyembuhkan wabah penyakit tersebut.

  4. Jaman dulu kita tidak tahu apa penyebab orang menjadi gila dan melihat penampakan aneh2 tapi dengan penelitian phisikologis akhirnya kita memahami kegilaan itu adalah penyakit kejiwaan seperti bipolar, schizophrenia, OCD, dimentia, dll yg sekarang sebagian besar bisa di bantu dengan obat2an.

  5. Jaman dulu kita tidak tahu apa penyebab gempa bumi, tsunami, gunung meleduk, kekeringan, banjir, dan berbagai bencana alam lainnya, tapi hari ini dengan berbagai studi dan penelitian kita tahu penyebabnya. Walaupun beberapa bencana alam masih belum bisa kita prediksi kapan datangnya tapi setidaknya kita mengetahui penyebab bencana alam tesebut sehingga kita bisa meminimalkan korban harta benda dan jiwa.

 

Dari contoh2 diatas kita bisa lihat dari kerendahan hati karena tidak tahu banyak hal, akhirnya membuat manusia berusaha untuk mencari tahu apa penyebab dari hal2 tersebut dengan bantuan metode sains dan ilmiah. Dan akhirnya dari pencarian inilah muncul kebenaran dan fakta real yg menuntun kita ke peradaban yg lebih maju.

 


 

Sebaliknya di sisi lain klo kita tinggi hati selalu mengclaim tahu semua hal, seperti :

 

  1. petir adalah senjata dewa zeus, panah malaikat, palu dewa thor, genderang dewa raizin, dll

  2. yg bisa terbang cuman dewa, dewi, siluman, nabi, dll tapi bukan manusia biasa.

  3. kematian saat wabah blackdeath karena ulah penyihir dan guna2.

  4. orang gila atau orang yg memiliki gangguan kejiwaan dianggap orang suci.

  5. bencana alam adalah azab dan karma.

 

Dan klo ada yg menentang atau gak sependapat dengan claim itu lantas dianggap sesat dan pendosa, maka apa kemajuan yg bisa kita capai dengan mindset semacam itu ??

 

 

Silahkan tulis komentar