Perbedaan Aliran Dan Mazhab Dalam Islam

 


 

Mungkin banyak orang non-muslim yg bingung membedakan tentang aliran dalam islam yg beraneka ragam. Yg muslim sendiri pun ane lihat banyak yg bingung tentang aliran2 islam, bahkan banyak muslim yg salah kaprah dan rancu tentang pemahaman pembagian mazhab dan aliran2 dalam islam sendiri, sehingga mereka beranggapan aliran atau mazhab islam yg lain adalah sesat. Padahal tidak.

 


 

Contoh yg paling kentara adalah :

A: Banyak muslim mazhab Suni beranggapan Syiah sesat atau Sufi bidah. Padahal Suni, Syiah, Sufi, itu masih bagian Islam cuman beda Mazhab dan Imam doang. Yg beranggapan model ini biasanya Ikhwan dan Akhwat yg baru ikut kajian, atau baru mualaf, atau baru Hijrah.

 

B : dan ada juga yg beranggapan Wahabi dan Aswaja berbeda padahal aslinya aswaja atau “Ahlussunnah Wal Jamaah” adalah kepanjangan dari suni itu sendiri dan wahabi termasuk salah satu sekte suni juga. Yg beranggapan model ini biasanya ormas2 islam model NU, FPI, Muhammadiyah, dll

 


 

Mazhab Islam sendiri secara garis besarnya ada 3 hari ini yaitu Suni (Ahlussunnah Wal Jamaah / aswaja / Suni), Syiah, dan Sufi. Klo dulu sebenarnya ada 5 yaitu di tambah Quranis dan Khawarij dimana perbedaan mazhab2 ini adalah :

 


 

1.  Suni adalah mazhab terbesar dunia Islam : Sejarah berdirinya mereka kelompok yg mengakui bahwa pengganti Muhammad sebagai khalifah umat islam adalah para sahabat yg di kenal dengan 4 Khulafa rahsidin yaitu Abu bakar, Umar, Utsman, dan Ali. Kelompok ini awalnya adalah para pendukung para sahabat dan kabilah2 (suku2) di arab kuno.

Mazhab ini terbagi 4 aliran sesuai dengan Imam Fiqih (atau imam Yurisprudensi atau Imam hukum Islam) yg di ikutinya. Dan Imam mazhab Suni sendiri ada 4 yaitu Imam Hambali, Imam Hanafi, Imam Maliki, dan Imam Safii.

Nantinya selain 4 imam mazhab (imam Fiqih atau imam Yurisprudensi) ada juga Imam Teologi Suni (biasanya di sebut Imam Aqidah) dan ini ada banyak, Tapi yg terkenal antara lain adalah : Imam al-Asy’ari (pendiri Ashariyah), Syeh Abdul Wahab (pendiri Wahabi), Ibnu Taimiyah (pendiri Salafiah), Ahmed Raza Khan Barelvi (pendiri Barelvi), Abu Mansur Maturidi (pendiri Deobandi)

 


 

2.  Syiah merupakan mazhab no 2 terbesar dalam dunia Islam : Sejarah berdirinya mereka kelompok yg tidak mengakui pengganti Muhammad selain Ali karena mereka mempercayai Muhammad hanya menunjuk Ali sebagai penggantinya bukan para sahabat.yg lain, Kelompok ini awalnya adalah para pendukung para Ahlul bait (keluarga muhammad).

Mazhab ini sebenarnya terbagi 3 aliran yaitu aliran Syiah 12 Imam yg merupakan aliran mayoritas Syiah, aliran Ismaili (Ismailiyah) atau aliran Syiah 8 Imam, dan aliran Zaidi atau aliran Syiah 49 Imam.

Dan Imam mazhabnya 12 imam adalah (sesuai urutan keturunannya) : Imam Ali bin Abi Talib, Imam Hasan bin Ali, Imam Husain bin Ali, Imam Ali bin Husain (Ali Zainal Abidin), Imam Muhammad bin Ali, Imam Ja’far bin Muhammad (Ja’far Asidik), Imam Musa bin Ja’far, Imam Ali bin Musa, Imam Muhammad bin Ali, Imam Ali bin Muhammad, Imam Hasan bin Ali, dan Imam penutup yaitu Imam Mahdi (belum datang)

aliran Ismaili cuman mengakui 8 imam saja dari 12 imam diatas, atau biasa di sebut Syiah aliran 8 imam.

Sedangkan Zaidi menambahkan sampai 49 Imam dan tidak memiliki Imam penutup (Imam Mahdi).

 


 

3.  Sufi adalah paham filsfafat dan esoterik (kebatinan) yg sebenarnya gak tertarik terlibat dalam perseteruan politik kekalifahan islam. Kelompok ini umumnya terdiri dari para seniman, dan filsuf islam, Mazhab ini sendiri tidak jelas karena terkadang ada yg fiqihnya bermazhab Suni tapi tidak menggunakan teologi dari imam Aqidah suni tapi menggunakan imam Sufi.

Imam mazhab ini ada banyak tergantung tarekatnya (alirannya) tapi yg umum dikenal adalah : Syeh Abdul Qadir Zaelani, Imam Al-Ghazali, Imam Junaid Al Baghdadi, Al-Mishri, Ibnu Arabi, Rabiah Adawiyah, Bahauddin an-Naqsyabandi, Mansyur Al-Hallaj, sampai Jalaluddin Rumi.

 


 

4.  Quranis adalah mazhab yg cuman menganggap sumber hukum islam cuman Alquran saja bukan hadits maupun sunah (kelompok ini sering di cap suni dan syiah sebagai kelompok ingkar sunah atau inkar hadits). Aliran ini termasuk mazhab terkecil dalam Islam dan umumnya cuman berkembang di Mesir, Pakistan, dan Afganistan saja. Dan hampir punah.

 


 

5.  Khawarij adalah pendukung militan Ali dan para ahlul bait yg awalnya menolak sepenuhnya kepemimpinan para sahabat selain Ali, tapi nantinya kelompok ini berbalik memusuhi Ali karena dianggap Ali lemah karena mau berdamai dengan kelompok pendukung para sahabat. Kelompok ini sebenarnya udah punah, tapi ada salah satu pecahan dari kelompok ini yg bernama sekte Ibadi yg sampai saat ini masih ada di Oman tapi jumlahnya anggotanya sangat kecil, cuman beberapa ribu orang saja.

 


 

Mungkin ada pertanyaan klo Indonesia masuk yg mana ??

Secara mayoritas Islam di Indonesia ini adalah : Islam Suni, bermazhab Safii, dan beraqidah Ashariyah.

 

Tapi ada juga yg Suni bermazhab Hambali dan beraqidah Wahabi.

 

Nah ormas islam lama semacam NU, Muhammadiyah, sampai FPI itu secara garis besarnya sama2 Suni, bermazhab Safii, dan beraqidah Ashariyah, tapi berbeda lagi dalam metode penerapan sunahnya.

 

Sebaliknya kelompok aliran baru Islam Indonesia seperti kaum Salaf, kaum Tarbiyah, Jemaah Tablig, LDII, Ikwhanul muslimin (Muslim Brotherhood), dan Hizbut Tahrir (partai pembebasan) itu lebih condong Suni, bermazhab Hambali dan Hanafi, sedangkan aqidahnya ada yg merujuk ke Wahabi, Ibnu Taimiyah, sampai yg paling modern merujuk ke pemikir kontemprer Islam macam Hassan al-Banna dan Sayyid Qutb (Ikhwanul Muslimin), Rashid Rida, sampai Taqiyuddin Al-Nabhani (Hizbut tahrir).

 

Nah ormas Islam lama Indonesia macam NU dan Muhammadiyah itu selalu berseteru dengan kelompok ormas Islam aliran baru seperti Hizbut tahrir dan Ikwhanul muslimin karena perbedaan doktrin fiqih dan akidahnya.

 

Tapi tentunya selain Suni ada juga Syiah, Ahamadiyah, Sufi, dll di Indonesia ini. Selain itu banyak juga yg mencampur-campur berbagai mazhab fiqih maupun aqidah yg ada sehingga menjadi kurang jelas mazhab fiqih maupun aqidahnya apa.

 


 

 

Tapi kelompok minoritas Suni ada juga yg beraliran Salafi Jihad, nah kelompok inilah yg berbahaya karena mengacu kepada doktrin2 kekerasan dalam penegakan Syariat Islam. Kelompok ini biasanya merujuk kepada imam2 garis keras kontemporer semacam Abdullah Azzam, Ayman al-Zawahiri, Abu Musaf al-Zarkawi, Syeh Ahmed Yassin, sampai Osama Bin Laden.

 

Kelompok Salafi Jihad sendiri tidak terlalu identik dengan kelompok Salaf biasa (salafi), maupun kelompok Wahabi, atau kelompok khilafiah model Hizbut Tahrir. Perbedaan utama mereka adalah klo salaf, wahabi, maupun khilafiah biasa tidak menggunakan cara2 perang di daerah dar el Islam (daerah dikuasai muslim) sebaliknya bagi kelompok Salafi Jihad selama belum berdirinya kekalifahan islam maka semua daerah di dunia adalah dar el Harbi (daerah dikuasai kafeer) yg halal untuk berperang.

 


 

Untuk pembahasan aliran minoritas lainnya dalam Islam yg kurang terkenal seperti : Ahmadiyah, Mu’tazilah, Murjiah, Qadariyah, Jabariyah, Batiniyah, dll mungkin next time aja dibahas karena akan sangat panjang.

 


 

Sumber :

https://www.informationisbeautiful.net/

https://docs.google.com/spreadsheets/d/

https://www.npr.org/2007/02/12/7280905/chronology-a-h

https://www.npr.org/sections/parallels/2007/02/12/7332087/

https://www.history.com/news/sunni-shia-divide-islam-muslim

https://www.bbc.com/news/world-middle-east-25434060

https://www.thoughtco.com/history-of-the-assassins-hashshashin-195545

https://www.independent.co.uk/news/world/middle-east/sunn

https://www.bbc.com/news/world-middle-east-16047709

https://enacademic.com/dic.nsf/enwiki/11632650

https://www.europarl.europa.eu/thinktank/en/

https://www.europarl.europa.eu/thinktank/en

https://www.worldatlas.com/articles/the-major-bran

THE AMMAN MESSAGE

Branches of Shia Islam: Ismailis, Twelvers, and Bohras

 

 

https://republika.co.id/berita/61241/sejarah-munculnya-aliran-teologi-dalam-islam

https://muslim.okezone.com/read/2019/05/15/614/2055778/7-aliran-dalam-islam

https://islam.nu.or.id/post/read/10336/4-madzhab-dalam-ilmu-fiqih

https://republika.co.id/berita/qc2tlk430/mengenal-empat-mazhab-fiqih-utama-dalam-islam-1

https://republika.co.id/berita/qc2toi430/mengenal-empat-mazhab-fiqih-utama-dalam-islam-2

https://republika.co.id/berita/qc2tqu430/mengenal-empat-mazhab-fiqih-utama-dalam-islam-3

https://republika.co.id/berita/qc2tte430/mengenal-empat-mazhab-fiqih-utama-dalam-islam-4habis

https://www.merdeka.com/jateng/mahzab-adalah-pendapat-imam-tentang

 

https://islam.wikia.org/wiki/Islamic_schools_and_branches

https://en.wikipedia.org/wiki/Islamic_schools_and_branches

 

Silahkan tulis komentar