Zoroaster Agama Yg Mempengaruhi Banyak Agama Abrahamic

 

 


 

Mungkin banyak orang beranggapan agama penyembah tuhan pertama adalah yahudi, padahal secara antropologi dan sejarah agama pertama yg mengenalkan konsep penyembahan kepada satu deity (tuhan atau dewa) adalah firaun Akhenaten (amenhotep IV) yg menyembah dewa tunggal Aten, nantinya karena terinspirasi hal inilah bangsa yahudi merubah kepercayaanya dari menyembah banyak dewa jadi menyembah satu sosok dewa saja yg bernama Yahweh yg kelak menjadi tuhan kaum yahudi dan kepercayaan ini di ikuti agama2 abrahamic lainnya.

 


Tapi sebenarnya sebelum yahudi jadi monotheisme sebenarnya ada satu lagi agama yg bernama Zoroaster (Majusi) yg lebih dulu menyembah satu tuhan, dan sampai sekarang banyak konsep dalam Zoroaster ini di ikuti agama2 abrahamic seperti yahudi, kristen, dan islam. Agama ini sebenarnya berawal di Persia (iran sekarang) dan udah ada sejak 2.500 – 2.800 tahun yg lalu atau lebih tua dari Yahudi, Kristen, dan Islam.

 


 

Zarathustra

 

Agama Zoroaster sendiri sebenarnya di dirikan oleh Zarathustra yg menurut pengikutnya pernah bertemu langsung dengan Ahura Mazda (tuhan). Jadi mereka sebenarnya agama Monotheisme sama seperti Yahudi, Kristen, dan Islam, tapi banyak agama2 di luar Zoroaster seperti Yahudi, Kristen, dan Islam biasanya menyebut mereka penyembah api (kaum majusi). Padahal mereka tidak menyembah api, hal itu kesalahan persepsi tentang simbol dalam agama2 Zoroaster oleh orang luar.


Zoroaster sendiri mengakui mereka menyembah Tuhan yg satu yaitu Ahura Mazda tapi dari tuhan ini nanti muncul sosok Angra Mainyu (Ahriman) yg merupakan simbol kejahatan seperti Iblis dan setan dalam agama2 abrahamic, dan lawanya nanti adalah Spenta Mainyu yg merupakan simbol kebaikan. Ahura Mazda sendiri sebenarnya memiliki 99 nama atau 101 bila memasukan Spenta Mainyu dan Ahura Mazda sendiri (yg di sebut sebagai nama2 tuhan) hal ini mungkin mirip dengan Asmaul Husna (99 nama allah) dalam islam juga.

 

Ahura Mazda

 

Nantinya selain 2 esensi baik dan jahat ini Zoroaster juga banyak melahirkan banyak etentitas ghaib lainnya seperti Asha Vahista, Vohu Manah, Keshatra Vairya, Spenta Armaity, serta Haurvatat dan Amertat yg hal ini lah yg  di pahami orang luar sebagai dewa2 Zoroaster. Bahkan konsep malaikat dalam agama2 abrahamic kemungkinan besar terinspirasi oleh etentitas ghaib atau dewa2 dalam Zoroaster ini. Itu sebabnya banyak ahli sejarah percaya klo mitologi tentang malaikat sebenarnya berasal dari Zoroaster bukan dari Abrahamic.

 

Etetitas ghaib dalam Zoroaster ini sendiri mewawakili berbagai unsur seperti

  1.  Asha Vahista, dewa tata tertib dan kebenaran yang berkuasa atas api
  2.  Vohu Manah, dewa yang digambarkan sebagai sapi jantan ini dikenal sebagai dewa hati nurani yang baik
  3.  Keshatra Vairya, yaitu dewa yang berkuasa atas segala logam
  4.  Spenta Armaity, yaitu dewa yang berkuasa atas bumi dan tanah
  5.  Haurvatat dan Amertat, yaitu dewi-dewi yang berkuasa atas air dan tumbuh-tumbuhan
  6.  Spenta Mainyu yg dewa yg merupakan simbol kebaikan

 

 

 


 

Bahkan selain konsep Malaikatnya, Zoroaster juga mungkin menginspirasi banyak unsur lain dalam abrahamic seperti yg paling terkenal adalah :

 

1.  Adanya kehidupan setelah kematian, konsep Surga Neraka serta Jembatan Cinvat yg mirip dengan jembatan Shiratal Mustaqim dalam Islam yg digambarkan lebarnya seperti rambut si belah 7 tapi klo orang baik yg menjalani jembatan ini jembatanya akan melebar atau bisa melewatinya dengan cepat, sedangkan klo orang jahat jembatanya akan sangat tipis dan pasti terjatuh ke nereka di bawah jembatan ini.

 

2.  Surga dan neraka dalam Zoroaster sendiri mirip dengan gambaran surga dan neraka Abrahamic dimana neraka berisi siksaan dan api yg menyala2, sedangkan surga sejuk dan penuh kasih serta tempat bersatunya manusia dengan tuhan (Ahura Mazda).

 

3.  Dalam neraka zoroaster juga berisi mahluk jahat anak buah atau keroconya Angra Mainyu (Ahriman) mirip ama demon, iblis, setan, jin, dalam kepercayaan Yahudi, Kristen, dan Islam.

 

4.  Selain itu juga Zoroaster percaya hari penghakiman atau hari kiamat dimana Ahura Mazda akan membangkitkan semua orang yg sudah mati untuk dimintai pertanggung jawabnnya.

 

Jembatan Cinvat

 


 

Oh iya Zoroaster juga percaya tiap 1.000 tahun sekali akan ada penyelamat manusia yg merupakan keturunan dari Zarathustra dan nanti pada akhir jaman sebelum kiamat akan muncul juru selamat dunia yg bernama Saoshyant yg lahir dari seorang perawan, yg mirip dengan kisah Yesus atau Isa dalam agama Kristen dan Islam. Saoshyant sendiri di ceritakan di akhir jaman kelak yg akan menghancurkan kejahatan Ahriman (titisan Angra Mainyu) dan memisahkan antara orang baik dan jahat, mirip seperti cerita imam mahdi atau turunnya yesus untuk kedua kalinya.

 

Selain tentang hari akhir, Zoroaster dalam kitab Bundahishn sendiri percaya klo alam semesta ini diciptakan Ahura Mazda dalam 6 hari (mirip dengan 6 hari penciptaan dalam genesis). bahkan Ahura Mazda yg bertranformasi sebagai Ohrmuzd juga menciptakan Mashya dan Mashyan yg merupakan sepasang laki2 dan wanita pertama di surga mirip seperti cerita Adam dan hawa (adam dan eve) dalam agama abrahamic.

 

Bahkan pakaian dan ritual ibadah kaum majusi banyak yg mirip pakaian dan ibadah kaum abrahamic juga.




 

Dan masih banyak persamaan lainnya yg akan terlalu panjang klo ane tulisin semua. Jadi bisa di lihatkan pada dasarnya agama abrahamic sendiri kemungkinan besar terpengaruh oleh agama yg lebih tua lagi, salah satunya ya zoroaster ini, Bhakan filsuf terkenal abad 20 dulu embah Nietzsche mungkin terinspirasi oleh zoroaster ini saat menulis buku terkenalnya “Thus Spoke Zarathustra”

 

 

Oh iya sedikit tambahan : Zoroaster sendiri di kenal dengan sebutan lainnya Majusi dan dari sebutan ini nantinya muncul serapan dalam bahasa inggris yg bernama Mage yg awalnya merujuk kepada kaum pendeta Zoroaster yg bernama Magi. Dan dari sebutan Mage dan Majusi inilah nantinya kita kenal istilah Magic.

 

 


 

Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Zoroaster
https://en.wikipedia.org/wiki/Avesta
https://en.wikipedia.org/wiki/Angel
https://en.wikipedia.org/wiki/Thus_Spoke_Zarathustra
https://en.wikipedia.org/wiki/Zoroastrianism
https://en.wikipedia.org/wiki/Chinvat_Bridge
https://en.wikipedia.org/wiki/Mashya_and_Mashyana
https://en.wikipedia.org/wiki/Ahura_Mazda
https://en.wikipedia.org/wiki/Bundahishn

http://www.avesta.org/avesta.html
http://listverse.com/2013/06/30/ten-influences-on-the-bible/
https://ia800306.us.archive.org/…/BoyceMaryaHistoryOfZo…
http://www.ancient.eu/zoroaster/
https://www.britannica.com/topic/Zoroastrianism
https://www.theguardian.com/…/abrahamic-religion…
https://tirto.id/jejak-agama-tertua-zoroastrianisme-cnm1

One thought on “Zoroaster Agama Yg Mempengaruhi Banyak Agama Abrahamic”

  1. Agama Bangsa Israel yg dibawa Musa dgn Agama Zhoroaster ,,, duluan yg mana om ? Sy kok tdk pernah baca dlm agama yg di bawa Musa,,, tertulis ajaran ttg jembatan Chinvat ? Neraka yg ada makhluk menyeramkan ?? ada makhluk penjaga pintu Sorga dan Neraka ? Jadi sebenarnya yg anda maksud agama yg mana nih yg mengkopi ajaran Zoroaster ???

Silahkan tulis komentar