Hamas Sebenarnya Terbentuk “Berkat Andil” Israel


 

Prolog : Bagi banyak orang Indonesia yg tingkat literasi nauzubileh saltonya tapi tingkat beragamanya overdosis ini, konflik palestina vs Israel itu adalah konflik sederhana antara penjajah vs yg dijajah, atau antara superhero Hamas vs villain Israel (atau sebaliknya bagi pendukung Israel).

 

Tapi sebenarnya konflik Israel vs Palestina itu adalah konflik yg rumit, karena didalamnya ada manuver politik dan intrik2 intelejen. Seperti yg terkenal adalah : Jarang ada orang Indonesia yg tahu klo sebenarnya awal berdirinya Hamas itu sedikit banyaknya ada andil Israel juga.

 

Pasti dari golongan pendukung fanatik Israel (yg biasa di sebut zionis sawo mateng oleh salah satu influencer medsos) dan pendukung fanatik palestina (yg biasa di sebut arab hidung pesek oleh influencer medsos lainnya) gak akan percaya hal ini. Karena bagi mereka gak mungkin Israel itu membantu terbentuknya Hamas, wong mereka musuh bebuyutan.
Tapi sayangnya kepercayaan kaum fanatik ini gak sesuai fakta sejarahnya.

 


 

1.  karena faktanya memang pada awalnya Israel membantu berdirinya Hamas, yg anggota dan pendirinya kebanyakan berasal dari kelompok Ikhwanul Muslimin (muslim brotherhood) dari Mesir yg saat itu lagi di buru pemerintah Mesir karena gagal dalam melakukan pemberontakan.

 

2.  Saat Ikhwanul Muslimin di buru pemerintah Mesir inilah, pemerintah Israel secara diam2 membuka perbatasan Palestina dan Mesir agar mereka bisa masuk kedalam wilayah jalur Gaza, bahkan secara rahasianya Mossad memberikan perlindungan dan dana bagi orang2 Ikwhanul Muslimin ini untuk berlindung di Gaza dan mendirikan organisasi baru (kelak dikenal sebagai Hamas). Bahkan pemimpin legendaris Hamas yaitu Syeh Ahmed Yassin itu organisasi donasi awalnya yg bernama Mujama al-Islamiya di akui dan dibantu pemerintah Israel, baru berhenti setelah ketahuan sumbangannya di beliin senjata dan bom oleh organisasi ini.

 

3.  Hal ini sebenarnya dilakukan Israel untuk menggembosi gerakan koalisi Fatah di Tepi Barat agar mereka memiliki lawan politik kuat di Gaza. Karena saat itu koalisi Fatah dianggap organisasi2 berbahaya bagi Israel. Klo kalian pernah baca peristiwa legendaris Black September (Tragedi Olimpiade Munich 1972) yg menginspirasi berbagai negara untuk membentuk pasukan Komando anti-teroris, nah itu pelakunya adalah faksi Fatah yg membunuhi para atlet2 Israel di Olimpiade Jerman 1972.

 

4.  Israel berharap dengan munculnya Hamas maka Fatah akan sibuk berperang dan mendapat seteru sesama orang Palestina. Karena sejak awal kemunculan Hamas, memang sudah memiliki ideologi politik yg berbeda dengan Fatah. Dimana Hamas ingin mendirikan negara Islam Palestina sedangkan Fatah ingin mendirikan negara republik Palestina (karena didalam koalisi Fatah terdadap berbagai organisasi pemberontak Palestina lintas agama dan Ideologi, dari Kristen sampai Komunis ada).

 

5.  Tapi sayangnya jaman berubah dan perkiraan Israel mbleset, hari ini justru Hamas di Gaza menjadi semakin radikal dan militan menyerang Israel dengan bantuan Syiah Iran, sebaliknya Fatah di Tepi Barat justru ingin solusi damai 2 negara (Israel dan Palestina) yg hidup berdampingan yg di dukung sebagian besar negara2 Liga Arab yg Suni karena sudah capek berkali2 konflik dengan Israel.

 


 

Epilog : Sebaliknya orang2 lucu di belahan bumi lainnya di negara yg bernama Indonesia, mereka bahkan gak tahu klo Palestina itu ada 2 wilayah yg bernama Jalur Gaza dan Tepi Barat, bahkan mereka juga gak tahu klo ibukota palestina itu ada di Ramalah Tepi Barat bukan di Gaza, apalagi mengerti bedanya Hamas dan Fatah.

 

Mereka tahunya klo Israel ngebom Gaza itu sama seperti israel menjajah Palestina dan berbondong2 ngasih sumbangan kepalestina sambil maki2 negara2 barat, tanpa tahu klo petinggi Hamas itu hidup mewah di Qatar dan penyumbang terbesar rakyat Palestina itu justru Amerika dan Uni-Eropa sedangkan sumbangan dari Indonesia itu receh banget bahkan gak masuk 20 besar donatur Palestina, tapi oleh pemerintah dan media lokalnya yg sama2 konyolnya digadang2 kayak penolong terbesar rakyat Palestina.

 


Silahkan tulis komentar