Kaum Muslim Yg Saling Bunuh Di Suriah Dan Yaman, Jumlahnya Lebih Besar Dari Yg Dibunuh Israel


 

Kemaren teman ane mengatakan dengan heroiknya kepada ane : “Tak Perlu Jadi Muslim, Hanya Perlu Menjadi Manusia untuk Bela Palestina”

 

Kalimat ini seakan2 mengajak orang2 untuk bersimpati kepada rakyat Palestina yg sangat menderita di bunuhi Israel, tanpa memandang agama.

 

Semboyan ini terlihat indah di ucapkan sayangnya ironi dalam kenyataannya. Kenapa ??

 

Karena sebenarnya orang Palestina yg terbunuh selama 12 tahun konflik Israel vs Palestina itu cuman sebesar 5.590 orang.

 

Sebaliknya dalam kurun waktu 8 tahun konflik Suriah ada setidaknya 370.000 orang yg terbunuh, dan konflik Yaman vs Arab Saudi yg berlangsung sekitar 4 tahun udah membunuh setidaknya 100.000 orang.

 

Tentunya dari data dan fakta statistik ini kita bisa melihat tragedi kemanusian di timur-tengah itu bukan terjadi di Palestina, tapi di Suriah dan Yaman. Tapi ironismya peristiwa di Suriah dan Yaman yg korban jiwanya sampai skala ratusan ribu jiwa ini, seakan2 kurang ramai pembelaanya di dunia Islam bila dibandingkan pembelaan kepada Palestina.

 

Apakah semua ini karena pelaku pembunuhan muslim di Yaman dan Suriah adalah sesama muslim (Yaitu negara Arab Saudi dan Pemberontak Suni) sehingga beritanya kurang heboh dibandingkan Palestina yg dibunuh non-muslim Israel ?? Klo iya jawabannya, maka ente gak pantes bicara kemanusian di depan ane karena ente memakai standar ganda dalam membela kemanusiaan.

 

(Yaitu klo segama woles saja bukan penjahat, macam Arab saudi dan Jihadis Suriah, tapi sebaliknya klo beda agama baru kejam dan bengis macam Israel).

 


 

Sumber :

https://www.statista.com/chart/16516/

https://internasional.kompas.com

https://international.sindonews.com

https://www.vox.com/

 

 

Silahkan tulis komentar