Membandingkan Ukraina Dengan Palestina Itu Ngawur

 


Banyak orang2 membandingkan perlakuan gak adil dalam konflik Ukraina dengan Palestina, seperti mengatakan :

 

1.  Klo Ukraina di serang Rusia negara Amerika dan Eropa beramai2 membantunya, tapi saat Palestina di serang Israel gak ada yg bantu.

 

2.  Saat Rusia menginvasi Ukraina, Rusia mendapatkan banyak sangsi dari berbagai negara (termasuk team sepak bolanya di banned FiFA) sedangkan saat Israel menyerang Palestina gak ada sangsi apa2.

 

3.  Saat Rusia menyerang Ukraina semua ramai menganggap ini invasi, tapi klo negara barat menyerang negara lain dunia seakan2 diam.

 

Well sebenarnya narasi perbandingan ini agak sesat dan ngawur karena faktanya :

 


1.  Donatur terbesar Palestina itu justru Amerika dan negara2 Eropa, bukan negara2 Islam. Cuman saudi negara Islam yg memberikan bantuan terbesar bagi Palestina sedangkan negara Islam lainnya model Indonesia, Malaysia, dan Pakistan biasanya cuman bantu doa doang atau recehan yg gak sebanding dengan bantuan negara2 tersebut, tapi ributnya udah kaya donatur palestina terbesar.

 

 

 


2.  Permasalahnya klo Israel biasanya menyerang jalur Gaza ya karena Israel di tembakin Hamas pake roket dari jalur Gaza makanya di balas Israel menyerang jalur Gaza, tapi bukan berarti jalur Gaza di caplok Israel karena habis membalas serangan tentara Israel balik lagi kenegaranya (kan jalur Gaza sampai hari ini masih wilayah Palestina bukan wilayah Israel). Bandingkan dengan Rusia yg memang berniat mencaplok Ukraina dan semenanjung Krimea keseluruhan.

 

Selain itu Palestina itu bukan hanya jalur Gaza ada yg namanya Tepi barat (bahkan ibukota resmi dan pusat pemerintahan Palestina ada di Ramalah Tepi Barat bukan di Gaza) tapi pernahkan kalian dengar Tepi Barat di serang Israel ?? atau kalian taunya Palestina itu cuman Gaza doang ??

 

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Ramallah

 

 


3.  Sebenarnya saling serang dan saling Invasi gak hanya di lakukan Amerika dan Israel doang, Turki, dan Arab Saudi juga melakukannya.

 

Bahkan udah bertahun2 Saudi dan koalisi negara2 Arab menginvasi Yaman, lalu Turki juga udah bertahun2 mengebomi Suriah dan Iraq untuk membantai Suku Kurdi tapi apa dunia bertindak ?? bahkan ente sendiri mungkin gak tau atau gak peduli Yaman di serang Arab Saudi atau suku Kurdi dibantai Turki, padahal baik Yaman dan Kurdi masih sesama orang Islam. Bahkan awal perang sipil Suriah itu sendiri disulut oleh negara2 Arab sendiri untuk menyingkirkan rezim yg dibakengin Iran.

 


Jadi sebelum membandingkan ketidakadilan invasi Rusia dengan Amerika atau membandingkan bantuan Ukraina dengan Palestina, coba adilkan dulu sudut pandang ente dengan melihat : siapa donatur terbesar Palestina, siapa yg menyerang Yaman, siapa yg mengebomi Kurdi, dan siapa memulai perang Suriah, lalu kenapa dunia diam dan gak ada sangsi bagi negara2 yg terlibat.

 

 

Silahkan tulis komentar