Berebut Kotoran Burung Demi Makanan Manusia

 

Tahukan kalian klo Amerika itu memiliki uu yg cukup konyol yg berbunyi :

 

“Klo kamu warga amerika serikat, kemudian kamu menemukan sebuah pulau yg ditutupi banyak “KOTORAN BURUNG” kamu bisa mengclaim pulau itu sebagai milikmu (selama tidak ada negara lain yg menclaimnya). Pemerintah Amerika akan melindungi sepenuhnya claim mu, bahkan klo diperlukan pemerintah Amerika bisa mengirimkan Navy maupun Army untuk membantumu mempertahankan pulau tersebut dari ancaman asing”

 

UU tersebut adalah “Guano Islands Act 1856” dan masih berlaku sampai hari ini. Dalam sejarah sendiri ada sekitar 10 pulau yg diclaim Amerika pake cara ini yaitu : Baker Island, Howland Island, Jarvis Island, Johnston Atoll, Kingman Reef, Midway Atoll, Navassa Island, Bajo Nuevo Bank, Serranilla Bank, dan Swains Island.

Nah mungkin ada pertanyaan kenapa muncul UU aneh semacam ini di Amerika ??
Well hal ini sebenarnya berkaitan dengan Guano yaitu pupuk yg berasal dari kotoran burung.

 

Di jaman dulu Guano ini produk sangat penting bagi petani, karena pupuk jenis ini mencegah lahan pertaniannya rusak kehabisan unsur Nitrogennya setelah di tanami berkali2. Bahkan saking pentingnya pupuk Guano ini di jaman dulu 4 pon pupuk Guano di hargai dengan 1 pon emas.

 

Hal ini karena di jaman dulu belum ada yg mampu memproduksi pupuk berbasis Nitrogen secara besar2an, pupuk berbasis Nitrogen yg bisa diandalkan cuman Guano, dan pupuk ini harus di tambang di pulau2 terpencil yg dihuni burung. Sehingga lama kelamaan suplaynya menjadi sangat langka.

 

Kelangkaan pupuk Guano ini selain membuat harganya sangat mahal juga mengancam peradaban manusia, karena seperti ramalan ilmuwan kimia terkenal “Sir William Crookes” tahun 1898 yg mengatakan : “klo para ilmuwan tidak bisa menemukan alternative untuk membuat pupuk Guano di laboratorium maka peradaban manusia cuman memiliki waktu 30 tahun saja untuk bertahan”

 

Hal itu mengacu pada suplay pupuk Guano yg semakin langka dan besarnya kebutuhan para petani untuk memberi makan 2 milyar orang dibumi saat itu. Karena tanpa ada alternative pupuk nitrogen lainnya yg bisa dibikin secara sintetis dan masal, maka bisa dipastikan hasil pertanian tidak akan mampu menopang populasi manusia saat itu.

 

Dan hal ini juga menjadi sebab utama kenapa pemerintah Amerika mengeluarkan UU “Guano Islands Act 1856” bahkan gak segan2 mengirimkan tentaranya untuk mempertahankan tambang pupuk Guano yg ditemukan oleh orang Amerika. Dan hasilnya memang sepanjang tahun 1856 sampai 1911 berbagai negara kerap terlibat konflik dan perang gara2 rebutan tambang kotoran burung ini.

 

Gambar diatas adalah pertambangan Guano di pulau Chincha yg menyulut pertempuran 5 negara (Spanyol, Peru, Ecuador, Chile, dan Bolivia) untuk memperebutkan pulau tersebut.

 

 

Silahkan tulis komentar