Monster Raksasa Rakus Yg Menjaga Keseimbangan Alam Semesta

 

 

Menurut teori Astronomi modern di setiap pusat galaksi pasti terdapat sebuah lubang hitam raksasa (Supermassive black hole). Lubang hitam raksasa inilah yg bertanggung jawab mampu memutar milyaran bintang dan triliunan planet di dalam sebuah galaksi.

 

Kekuatan lubang hitam raksasa ini sendiri berasal dari gaya Gravitasi yg luar biasa besar yg dimilikinya sehingga bisa menarik dan memutar segitu banyaknya bintang dan planet2.
Bahkan seandainya ada bintang atau planet yg jaraknya terlalu dekat dengan lubang hitam ini maka massa dan materi bintang dan planet itu akan runtuh dan kesedot kedalam lubang hitam tersebut. Hampir semua benda dan materi akan terhisap lubang hitam klo terlalu dekat, tapi sebenarnya gak hanya materi saja bahkan cahaya pun gak bisa lepas dari tarikan lubang hitam ini, itu sebabnya benda ini diberi nama lubang hitam karena gak ada cahaya yg bisa lolos dari tarikannya.

 

Mungkin ada yg bertanya klo semua benda dan cahaya bisa tersedot kedalam lubang hitam kenapa matahari, planet, dan galaksi kita tidak runtuh kedalam lubang hitam raksasa di tengah galaksi kita ??

 

Jawabannya : karena walaupun gaya tarik Gravitasi lubang hitam raksasa sangat besar tapi ada gaya lain yg bisa mengimbangi gaya itu yaitu energi gelap (Dark Energy). Nah energi gelap inilah gaya yg bekerja sebaliknya yaitu memekarkan alam semesta dan mencegah bintang maupun planet2 jatuh terisap gravitasi lubang hitam.

 

Hasil tarik menarik antara Gravitasi vs energi gelap inilah yg membuat umumnya benda di alam semesta bergerak memutar mengorbit seperti sistem tata surya kita sampai dengan galaksi, bukannya terjun terisap lubang hitam akau kocar-kacir terlempar kesana kemari karena energi gelap. Keseimbangan atau equilibrium antara gravitasi dan energi gelap inilah yg menjaga alam semesta kita tetap seimbang.

 

Lubang hitam sendiri pada awalnya adalah sebuah bintang seperti matahari kita, tapi memiliki massa 25x lebih besar dari matahari kita. Nah saat bintang dengan massa sebesar itu mati yg terjadi bukannya bintang itu padam tapi massanya akan runtuh yg membuat atom2 ketekan sedemian rupa sehingga menyatu semua karena tekanan gravitasinya yg sangat besar, sampai mengakibatkan hukum fisika umum tidak lagi berlaku yg akhirnya melahirkan lubang atau robekan dalam dimensi ruang-waktu yg dinamakan singularitas. Nah lubang atau robekan dalam dimensi ruang-waktu inilah yg menarik semua hal kedalam lubang hitam (kecuali energi gelap)

 

 

Lubang hitam sendiri bisa tumbuh membesar klo dia berhasil melahap lubang hitam lainnya. Karena 2 lubang hitam yg menyatu justru menghasilkan 1 lubang hitam baru dengan massa dan kekuatan gravitasi gabungan dari 2 lubang hitam terdahulu.

 

Nah dalam milyaran tahun lubang hitam biasa akhirnya tumbuh menjadi lubang hitam raksasa karena udah melahap ribuan sampai jutaan lubang hitam lainnya. Pada skala ini lubang hitam memiliki masa dan gravitasi hampir jutaan kali matahari kita dan sudah mampu memutar sebuah galaksi.

 

Nah digalaksi kita ini pun ada sebuah lubang hitam raksasa yg bernama Sagitarius A* (karena berada di perbatasan konstelasi Sagitarius dan Scorpio). Sagitarius A* sendiri memiliki masa hampir 4 juta kali massa matahari kita, dengan diameter sebesar 25x matahari ini.

 

Walaupun dengan masa dan ukuran sebesar itu dalam skala kosmik sebenarnya ukuran Sagitarius A* sangat kecil, selain itu karena lubang hitam sendiri gak memancarkan cahaya maka sangat susah untuk memotret atau mengetahui posisi pastinya dilangit. Tapi berkat kecanggihan teknologi kita hari ini, peradaban manusia akhirnya bisa menemukan lubang hitam raksasa yg bertanggung jawab membuat galaksi ini utuh dan berotasi.

 

Nah dibawah ini video colase dari berbagai telescope bumi dan luar angkasa modern yg menunjukan ukuran dan posisi Sagitarius A*.

 

 

Silahkan tulis komentar