Dari Hagia Sophia, Mesjidil Aqsa, Sampai Suku Kurdi Adalah Cermin Kemunafikan Erdogan

 

Perubahan status Hagia Sophia menjadi mesjid yg di lakukan Erdogan bebarapa saat lalu mendapatkan kritik dari berbagai pihak. Bahkan berbagai pihak membandingkan klo Hagia Sophia boleh di rubah Erdogan menjadi mesjid maka Mesjidil Aqsa di yerusalem secara logika boleh juga dong di rubah Israel menjadi komplek tembok ratapan.

 

Hal ini karena Hagia Sophia yg awalnya gereja dirubah menjadi mesjid saat kekalifahan Turki ottoman berhasil menguasai konstantinopel dan bizantium. Sama kasusnya seperti Israel sekarang yg berhasil menguasai Yerusalem yg didalamnya ada komplek Mesjidil Aqsa (komplek haram al sharif).

 

Mendengar argument logis ini Erdogan kemudian meradang dan sesumbar akan membebaskan mesjidil Aqsa setelah merubah Hagia Sophia menjadi mesjid.

 


 

 

Kelakuan Erdogan ini sebenarnya memalukan dunia islam sendiri dan menunjukan Erdogan bodoh. Kenapa ??

 

1. karena kelakuan Erdogan ini bertentangan dengan sejarah yg sering dibangga2kan umat islam tentang : Khalifah Umar bin Khattab yg menolak sholat di Gereja Makam Kudus di (Church of the Holy Sepulchre) saat penaklukan Yerusalem pertama oleh kekalifahan islam dulu. Saat di tanya oleh Uskup Sophronius yg merupakan pemimpin gereja Makam Kudus kenapa Umar tidak mau sholat di dalam gereja Makam Kudus, Umar menjawabnya : “Jika saya mendirikan salat di dalam gereja ini, saya khawatir orang-orang Islam nantinya akan menduduki gereja ini dan menjadikannya sebagai masjid,”

Sumber : https://tirto.id/alasan-umar-bin-khattab-menolak-salat-di-gereja-cL2e

 

Selain Umar bin Khattab sendiri para pemimpin dan beberapa Khalifah terkenal dunia Islam seperti Shalahuddin Al ayyubi atau lebih dikenal dengan Sultan Saladdin (pemimpin dunia islam yg membawa kemenangan dunia islam dalam perang salib dulu) menolak untuk menguasai atau menghancurkan gereja maupun sinagog umat kristen dan umat yahudi saat penaklukan Yerusalem dulu bahkan Shalahuddin setelah berhasil menguasai Yerusalem dan mengusir tentara crusader eropa akhirnya membolehkan umat islam maupun umat kristen dan umat yahudi untuk memasuki dan beribadah di yerusalem dengan bebas. (sekelumit sejarah ini ada di ceritakan di film terkenal Kingdom of heaven),

Sumber : https://tirto.id/janji-salahuddin-merebut-yerusalem-dalam-perang-salib-cqJF
https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/19/09/15/pxvb4a313-rasa-kagum-balian-of-ibelin-pada-salahudin-alayyubi

Tapi sebaliknya hari ini politikus seperti Erdogan malah melanggar semua nilai2 yg di contohnya para pemimpin2 islam jaman dulu.

 


 

 

2. Erdogan ini contoh pemimpin bodoh karena sesumbar ingin menyerang Israel dan membebaskan mesjidil Aqsa. Padahal dalam sejarah sendiri gabungan negara2 arab sekalipun dalam 4 kali perang besar arab-israel selalu kalah dengan Israel seorang diri. Itu artinya kekuatan militer Israel gak bisa di pandang remeh bahkan satu2nya negara di timur tengah yg memiliki rudal balistik nuklir cuman Israel. Memaksakan perang dengan Israel sama aja menambah masalah kekerasan di timur tengah dan pastinya membuat warga Turki dan Israel menderita, cuman demi citra gagah2an Erdogan untuk merebut Al Aqsa yg bahkan sampai hari ini tidak dirubah Israel menjadi bait sucinya beda dengan Hagia Sophia.

 

Selain itu Erdogan ini juga contoh pemimpin yg egonya besar dan ingin dianggap sebagai khalifah dunia islam modern yg berani melawan penjajahan Israel yg membunuhi umat islam Palestina. Tapi ironisnya Erdogan sendiri justru menjajah suku Kurdi dan membunuhi mereka dengan bengis, padahal suku Kurdi itu adalah sukunya Shalahuddin Al ayyubi dan sebagian besar mereka beragama Islam juga. Bahkan secara perbandingan sendiri jauh lebih banyak muslim suku Kurdi yg di bunuh Turki ketimbang muslim Palestina yg di bunuh Israel. Suku Kurdi sendiri termasuk suku yg paling malang di timur tengah karena mereka kerap kali di bunuhi pemimpin2 islam timur tengah macam Sadam Husein dan Erdogan, lalu tanahnya di caplok Turki, Iraq. Selain itu Suku Kurdi ini adalah suku yg paling sering berperang melawan kelompok2 teroris islam macam ISIS dan Jabat Al Nusra yg juga ingin menguasai tanah mereka.

https://www.bbc.com/indonesia/dunia-50068256
https://news.detik.com/dw/d-4765999/tentang-bangsa-kurdi-yang-tak-punya-negara-sendiri
https://akurat.co/news/id-819325-read-digempur-turki-hingga-dikhianati-as-ini-5-fakta-menarik-bangsa-kurdi
https://tirto.id/kurdi-bangsa-tanpa-negara-bCPl

 


 

Jadi sebelum Erdogan teriak2 ingin melawan penjajahan Israel harusnya dia berkaca dulu kenapa turki masih menjajah suku Kurdi ?? dan sebelum mengclaim Hagia Sophia sebagai mesjid harusnya dia berkaca dengan Umar bin Khatab yg gak mau menjadikan Holy Sepulchre sebagai mesjid, Tapi tentunya fakta2 semacam ini jarang di ketahui orang2 Indonesia yg cuman jadi team hore Erdogan.

Silahkan tulis komentar