Mitos : Pengakuan Awal Kemerdekaan Indonesia Cuman Berasa Dari Negara-negara Islam Saja

 


 

Sering kali banyak orang Indonesia yg gak ngerti sejarah beranggapan yg mengakui Indonesia merdeka pertama kali hanya negara2 islam saja, dengan menihilkan pengakuan negara non-Islam.

 

Hal ini umumnya terjadi karena kecendrungan sentimen agama yg di jargonkan sejak jaman dulu, dimana selalu dikatakan Kristen adalah agama penjajah dan Islam adalam agama pembebasan Indonesia.

 

Tapi sebenarnya fakta sejarah sendiri menunjukan pengakuan kemerdekaan indonesia di masa awal sendiri datang dari berbagai negara baik negara islam, kristen, bahkan hindu juga, seperti Mesir, India, Vatican, dan Arab saudi.

 

Bahkan secara kronologis India yg mayoritas Hindu dan Vatican yg seluruhnya Katolik lebih dulu mengakui Indonesia merdeka ketimbang Arab Saudi yg merupakan tempat kiblat umat Islam.
Urutan sejarah pengakuan kemerdekaan Indonesia adalah :

 

1.  Mesir (masih kerajaan belum berbentuk negara republik) mengakui kemerdekaan Indonesia tanggal : 22 maret 1946

2.  India (masih negara boneka inggris dan belum merdeka sepenuhnya) mengakui kemerdekaan Indonesia tanggal : 2 september 1946

3.  Vatican (udah jadi negara sejak 1929) mengakui kemerdekaan Indonesia tanggal : 6 juli 1947

4.  Arab saudi (udah jadi negara sejak 1932) mengakui kemerdekaan Indonesia tanggal : 21 november 1947

 


 

Catatan : Sedangkan Palestina yg di claim sebagai negara pertama yg mengakui kemerdekaan Indonesia itu sebenarnya gak resmi karena

 

1.  Claim pengakuan itu sebenarnya cuman ucapan selamat dari Mufti Yerusalem saat itu (palestina sekarang) yaitu : Amin al-Husaini, di Jerman sebab Indonesia dijanjikan kemerdekaan oleh Jepang (sohibnya Jerman) pada tahun 1944 bukan dukungan pada proklamasi indonesia tahun 1945.

 

2.  Saat itu belum ada yg namanya negara Palestian karena wilayah Yerusalem dan seputar TransYordania masih wilayah tidak bertuan dibawah mandat Inggris. Wilayah mandat inggris sendiri terbelah antara Israel dan Palestina baru tahun 1948, dan Palestina sendiri baru proklamasi jadi negara tahun 1988.

 

Jadi pegimana ceritanya mengakui kemerdekaan negara lain klo negaranya sendiri belum merdeka ??

Silahkan tulis komentar