Percaya Anime Adalah Cerita Fiksi, Tapi Justru Percaya Cerita Dari Abad Perunggu Adalah Asli

 

 

Ane lihat di medsos pada rame tentang kematian Naruto ada yg nangis2 histeris, ada para wibu yg berdebat sengit tentang kelanjutan cerita anime itu, bahkan sampai ada ustad yg ikut2an mengomentari hal itu.

Mungkin banyak yg mentertawakan hal ini karena dianggap halu. Karena kita semua tahu klo Naruto itu tokoh fiksi doang, dan tokoh fiksi sendiri jalan ceritanya bisa di bikin semaunya oleh pengarangnya, bahkan terkadang walaupun jagoannya udah mati tapi bisa di hidupkan lagi klo pengarangnya mau seperti cerita Dragon Ball itu.
Tapi walaupun tahu Naruto adalah cerita fiksi tapi kenapa banyak orang yg sampai terlalu emosional dan berlebihan menyikapinya ?? hal itu sebenarnya terkait dengan evolusi manusia yg agak berbeda dari spesies lainnya.

 


 

Spesies manusia atau biasa di sebut Homo Sapiens ini di anugerahi evolusi kemampuan untuk bercerita dan mendongeng, kemampuan ini tidak dimiliki oleh spesies lain karena cuman spesies Homo Sapiens saja yg mengembangkan bahasa dan nantinya tulisan. Nah kemampuan bercerita dan mendongeng ini membentuk peradaban dan jalur evolusi spesies kita dimana dulu para leluhur kita mengarang berbagai cerita dan dongeng untuk peristiwa2 alam penting yg tidak mereka ketahui penyebabnya seperti :

 

Saat mereka mengamati langit mereka melihat rasi bintang tertentu muncul saat musim tertentu (seperti musim hujan, musim kemarau, musim dingin, musim salju, musim gugur, musim panas, dll). Nantinya untuk mengingat rasi ini mereka mengarang cerita dan dongeng tentang rasi bintang tersebut sebagai pengingat bagi anak cucunya terkait perubahan musim. Itu sebabnya kita temukan dalam berbagai budaya di dunia (mulai dari budaya Yunani kuno sampai budaya Nusantara kuno) selalu ada cerita terkait dengan bendang2 laingit seperti bintang, matahari, bulan, komet, dll yg dulu di sebut ilmu nujum (astrologi) yg awalnya berguna untuk meramal masa depan.

 

 

Sebenarnya mereka gak salah sih meramal masa depan yaitu meramal musim yg akan datang, tapi nantinya ramalan musim yg berasal dari cerita dan dongeng ini menjadi semakin pribadi yaitu ramalan nasib dan takdir, bahkan sampai menjadi ramalan dan simbol agama2 segala di abad perunggu dan besi dulu.

 

Itu sebabnya klo kalian buka berbagai kitab suci agama ada cerita tentang bintang2 ini seperti : bintang adalah senjata malaikat untuk melempar iblis, bintang betlehem sebagai penanda munculnya yg mesiah pertama, bintang berjatuhan dari langit sebagai datangnya mesiah untuk kedua kali, atau kemunculan bintang kejora di malam hari sebagai pertanda pencerahan sang buddha, atau bangsa yahudi menggunakan formasi bintang david sebagai simbol agamanya, dll.

 

Nah dari hal inilah akhirnya membentuk evolusi manusia untuk selalu suka dan mencintai berbagai cerita dan dongeng semacam itu walaupun hal itu berlawanan dengan fakta ilmiah dan sains modern.

 

Jadi klo kalian mentertawakan ada orang halu yg nangis, berdebat, sampai berdakwah karena cerita Naruto mati, mungkin kalian harus bertanya dulu ke diri kalian, cerita dan dongeng abad perunggu apa yg masih kalian imani ??

 

 

 

Silahkan tulis komentar