Antara Keselamatan Warga vs Kebebasan Berpendapat

  Gara2 Dr Lois dipanggil Polisi dan JRX di penjara kmrn banyak orang langsung beranggapan klo sekarang demokrasi di bungkam dimana orang2 yg gak percaya virus corona di tangkapin. Padahal faktanya sendiri adalah :   1.  Jrx itu ditahan karena menyebarkan ujaran kebencian kepada IDI (ikatan dokter Indonesia) seperti mengatai IDI kacung WHO, mengancam akan …
Continue reading Antara Keselamatan Warga vs Kebebasan Berpendapat

Monkey Bisnis Ditengah Pandemi

  Bagi yg sering main2 ke pasar Saham atau pasar Kripto pasti ngerti ada yg namanya FOMO (Fear of missing out). Tapi bagi yg gak ngerti FOMO ini secara sederhananya adalah : Propaganda yg dirancang untuk membuat ketakutan kepada banyak orang klo sampai tidak kebagian suatu produk “penting” atau takut kehabisan suatu produk “berharga” sehingga …
Continue reading Monkey Bisnis Ditengah Pandemi

Berbagai Hoax Dimasa Pandemi Corona

  Di negara yg sebagian besar penduduknya males membaca sumber kredibel, serta gak ngerti caranya cari informasi yg benar di google, tapi percaya setengah mati isu2 konspirasi gak jelas di WA keluarga. Hasilnya pasti membuat banyak orang percaya hoax, terutama dari generasi Bommer (generasi 45 tahun keatas) dan generasi Z (17 tahun kebawah). Dan hoax …
Continue reading Berbagai Hoax Dimasa Pandemi Corona

5 Pandangan Dunia Islam Dalam Menyikapi Aksi Terorisme

    Dalam menyikapi aksi terorisme dunia Islam sebenarnya terbelah menjadi 5 pandangan dari pandangan yg dewasa sampai pandangan yg nauzubileh konyolnya. Nah kelima pandangan itu antara lain adalah :     1.  Di mulai dari pandangan paling dewasa dan sesuai fakta bahwa aksi2 terorisme Islam itu memang terkait dengan dalil dan ayat2 dalam kitab …
Continue reading 5 Pandangan Dunia Islam Dalam Menyikapi Aksi Terorisme

Penampilan Religius Bukan Jaminan Orang Baik

    Di republik ini seringkali di streotipekan dan dipropagandakan klo ada pemuda tatooan atau wanita yg penampilannya terbuka (seksi) udah pasti dianggap orang gak bener, sebaliknya klo ada orang yg bersorban dan wanita berhijab lansung dianggap orang baik bahkan klo sampai fasih bicara dalil lansung auto dianggap ustad dan ustadzah.   Bahkan streotipe ini …
Continue reading Penampilan Religius Bukan Jaminan Orang Baik

Dewasalah, Mengatakan Teroris Tidak Beragama Itu Gak Bakal Menyelesaikan Masalah Terorisme

    Saban kali ada kejadian bom bunuh diri dan aksi terorisme lainnya, para generasi tua, para alim ulama, sampai para politikus baik kubu oposisi maupun kubu penguasa, beramai2 mengatakan aksi terorisme itu tidak ada kaitannya dengan agama (terutama Islam), atau yg lebih konyol lagi mengatakan aksi terorisme ini dilakukan oleh orang2 gak beragama alias …
Continue reading Dewasalah, Mengatakan Teroris Tidak Beragama Itu Gak Bakal Menyelesaikan Masalah Terorisme

Kita Adalah Bangsa Yang Amnesia

    Hari ini sering kali kita melihat sinetron di tivi maupun di berbagai chanel youtube yg menampilkan orang2 dengan pakaian tradisional Jawa, Kejawen, atau pakaian Tradisional daerah lain sebagai “pakaian ciri khas” dukun santet, dukun cabul, orang sesat, orang bodoh, orang jahat, maupun penganut kebatinan hitam.   Sebaliknya orang2 yg berpenampilan gamis, sorban putih2, …
Continue reading Kita Adalah Bangsa Yang Amnesia

Kekuatan Dari Kata-kata

    Kemampuan memanipulasi kata-kata bisa mempengaruhi seseorang, mempengaruhi suatu bangsa, atau bahkan mempengaruhi sejarah dunia. Itu sebabnya kita mengenal tokoh2 seperti Plato, Aristoteles, Yesus, Muhammad, Sidartha gautama, Hitler, Martin Luther king Jr, Mao Zedong, Sukarno, dll yg kata2nya mampu menggerakan ribuan bahkan jutaan orang, baik untuk pencerahan dan perdamaian sampai untuk berperang dan genosida. …
Continue reading Kekuatan Dari Kata-kata

Moralitas Yang Di Ukur Dari Selembar Kain

    Gara2 kasus Nissa sabyan banyak orang islam yg gerah karena masyarakat banyak yg mengaitkan kelakuan selingkuh dan pelakornya si Nissa dengan jilbab dan simbol2 islamis yg sering ditampilkannya.   Hal ini ane rasa merupakan dampak sebab-akibat juga :   1. Yg awal sebabnya berasal dari kalangan orang2 islam fanatik sendiri atau kalangan islam …
Continue reading Moralitas Yang Di Ukur Dari Selembar Kain