Tuhan Mana Yg Benar ??

 

 


 

Saban kali ane menulis tentang sudut pandang non-believer yg berbeda dengan kaum agamais, selalu ada saja kaum agamais yg mengatakan “tunggu saja nanti di akhirat kelak kamu pasti akan masuk neraka” atau “kita buktikan saja di hari kiamat kelak kaum atheist akan di azab tuhan”

 

Mereka sangat-sangat-sangat yakin klo tuhan agamanya yg paling benar di dunia ini. Padahal klo kita baca sejarah dan antropologi budaya setidaknya ada sekitar 4.000 agama di dunia ini (4.200 an detailnya), dengan puluhan ribu pecahan sektenya.

 

Itu artinya setidaknya ada sekitar 4.000 tuhan yg di claim berbagai agama sebagai tuhan yg asli dan pencipta alam semesta ini, bahkan hindu sendiri saja memiliki ribuan tuhan dalam berbagai sektenya.

 

Nah klo kita percaya cuman satu tuhan dan tidak percaya 3.999 tuhan lainnya maka kemungkinan tebakan kita benar cuman sebesar 0.025% alias kurang dari 1% benar. Bahkan probabilitas togel maupun gacha game online yg kemungkinan beruntungnya dibawa 25% saja hokinya sangat-sangat susah, apalagi cuman 0.025% doang.

 

Jadi klo melihat hal ini sebenarnya kaum agamais dan kaum atheist tidak berbeda jauh, yaitu : Kaum agamais tidak percaya 3.999 tuhan dari 4.000 tuhan yg ada, sedangkan kaum atheist tidak percaya 4.000 tuhan yg ada, perbedaan kaum agamais dan atheist cuman 0.025% doang.

 

Jadi mungkin sebaiknya kaum agamais sebelum menakut2i kaum atheist akan azab tuhannya, harusnya kaum agamais bertanya dulu kepada dirinya sendiri apakah 1 tuhan yg dipilihnya udah benar dari 3.999 tuhan lainnya ?? 😁😁

 

 


Silahkan tulis komentar