Antara Milo Dan Uwais Al-qarani


 

Di postingan FB ane tentang corona tiba2 ada yg komen gak nyambung cerita tentang cerita Uwais Al Qarani yg menceritakan perjuangan Uwais menggendong anak lembu turun-naik bukit sampai lembunya jadi besar, dengan tujuan agar bisa menggendong ibunya pergi haji.

 

Nah sekarang ane bahas aja : cerita Uwais Al Qarani dalam dunia Islam ini sebenarnya sangat mirip dengan cerita Milo dari Crotona (Milo Of Croton) yg merupakan pegulat legendaris jaman Yunani kuno. Milo sendiri di ceritakan menggendong anak lembu turun-naik bukit sampai jadi banteng besar, dengan tujuan untuk melatih otot2nya agar menjadi atlet olyimpiade terkuat. Dan memang akhirnya Milo menjadi atlet Olympiade kuno terhebat sepanjang masa bahkan sosoknya sering di sejajarkan seperti manusia setengah dewa layaknya Hercules.

 

Kedua cerita ini sebenarnya sangat mirip tapi perbedaanya ada pada tujuan latihan Milo dan Uwais, dimana yg satunya pengen jadi atlet Olympiade kuno terhebat, satunya pengen membawa ibunya naik haji.

 

Tapi cerita Milo sendiri sebenarnya lebih tua 1.000 tahun lebih dari cerita Uwais, karena cerita Milo berasal dari abad ke 5 sebelum masehi, sedangkan cerita Uwais baru ada saat kemunculan islam sekitar abad ke 7 sesudah masehi.

 

BTW: susu Milo yg sering kita minum atau lihat itu sebenarnya namanya memang terinspirasi dari atlet olympiade legendaris Milo of Croton ini loh.

 


 

Sumber referensi bagi yg gak tau sejarah Milo dalam mitologi Yunani kuno yg mirip dengan cerita Uwais ini :

https://intisari.grid.id/…/0333257/kisah-milo-yang-perkasa
https://www.kaskus.co.id/…/milo-dari-croton-atlet…/
https://en.wikipedia.org/wiki/Milo_of_Croton
https://greekcitytimes.com/…/milo-of-croton-the-worlds…/

 

Silahkan tulis komentar