Rusia Yg Melanggar Perjanjian Yg Disalahkan Malah Ukraina (Kekuatan Propaganda Kremlin)

 


Banyak orang Indonesia sok tau yg bilang wajar Ukraina di serang Rusia karena “udah berkhianat melanggar perjanjian dengan Rusia yg melarang Ukraina bergabung dengan NATO”, tapi klo di tanya perjanjian mana yg mereka maksud itu, mereka pasti gak bisa jawab.

 

Soalnya memang gak ada perjanjian konyol semacam itu yg ada justru perjanjian sebaliknya yaitu perjanjian : Budapest Memorandum 1994 yg mengatakan “Negara Rusia, Inggris, dan Amerika dilarang mengancam, menggunakan kekuatan militer, maupun sangsi ekonomi kepada Ukraina, Belarusia, dan Kazakhstan, sebagai hasil dari penyerahan ribuan senjata nuklir kepada Rusia pasca runtuhnya Uni Soviet dulu”.

 

Untuk di ketahui dulu Ukraina, Belarusia, dan Kazakhstan mewarisi ribuan senjata nuklir dari Uni Soviet setelah negara ini bubar. Hal ini karena Ukraina, Belarusia, dan Kazakhstan dulunya adalah negara dengan posisi strategis bagi Soviet untuk meletakan senjata nuklirnya, karena negara2 ini berbatasan langsung dengan Eropa dan menjadi deterrent (alat mengancam) militer kuat bagi Fakta Warsawa untuk mengunci NATO secara politik dan militer.

 

Jadi serangan Rusia ke Ukraina itu justru melanggar perjanjian Budapest Memorandum 1994, sedangkan perjanjian yg melarang Ukraina gabung NATO itu cuman bualan dan propaganda buzzer2 Rusia, Cina, dan Iran doang.

 

 


credit : services archaeology and heritage association

Silahkan tulis komentar