Teori Evolusi Yg Terlupakan Dalam Dunia Islam

 


 

Hari ini banyak orang di dunia Islam lebih percaya bualan zakir naik dan harun yahya yg anti evolusi itu, padahal sudut pandang mahluk hidup adalah hasil evolusi sudah ada dalam sejarah islam sendiri jauh sebelum Charles Darwin menulis buku evolusi terkenalnya “On the Origin of Species (Asal usul mahluk hidup)”

 

Di abad 9 masehi dulu (atau 900 tahun sebelum kemunculan buku On the Origin of Species) seorang cendekiawan dan filsuf dari dunia islam yg bernama Al-Jahiz sudah menulis buku yg berjudul “Kitab al-Hayawan (Buku tentang Binatang)”, nah dalam Kitab al-Hayawan ini sendiri Al-Jahiz berpendapat klo mahluk hidup hari ini kemungkinan berasal dari perubahan mahluk hidup lainnya di jaman dulu (alias evolusi). Selain membahas masalah perubahan mahluk hidup Al-Jahiz sendiri membahas tentang rantai makanan serta dampaknya lingkungan yg mempengaruhi mahluk hidup yg hari ini dikenal sebagai teori Struggle for existence.

 

 

 


Jadi sebenarnya pandangan evolusi bukan hal baru dalam dunia islam bahkan lebih duluan dari pada pandangan dunia barat. Tapi sayangnya banyak orang2 dunia islam sendiri hari ini gak mengetahui hal ini dan justru malah berbalik memusuhi teori evolusi.

 

Hal ini sama seperti kemaren ada ustadzah yg muntah darah tapi langsung mengclaim itu perbuatan jin, padahal 1000 tahun yg lalu cendekiawan dunia islam seperti Ibnu sina sudah menjelaskan dalam buku kedokteran legendarisnya ” al-Qānūn fī al-Ṭibb (Canon of medicine)” klo muntah darah itu karena permasalah pencernaan dan paru2, gak ada kaitannya dengan mahluk ghaib. Cekidot disene.

 

Ironis hari ini dunia islam justru berjalan mundur dengan menolak pemikiran kritis, logis dan ilmiah serta memuja orang2 bodoh seperti harun yahya atau zakir naik, berbeda dengan dunia islam 1000 tahun lalu yg justru berpijak pada pemikiran kritis, logis, dan ilmiah dan melahirkan cendekiawan dan ilmuwan2 besar yg di kagumi dunia timur dan barat seperti Ibnu Sina sampai Al-Jahiz
Di bawah ini adalah potongan dari Kitab al-Hayawan yg sudah digitalisasi di perpustaan kerajaan Inggris.

 

 


 

Sumur :

https://en.wikipedia.org/wiki/Al-Jahiz
https://en.wikipedia.org/wiki/Islamic_views_on_evolution
https://en.wikipedia.org/wiki/Kit%C4%81b_al-Hayaw%C4%81n
https://www.britannica.com/…/The-Arab-world-and-the…
https://stepfeed.com/these-muslim-scholars-wrote-about…
https://www.researchgate.net/…/Key-pre-darwin-Muslim...
https://www.huffpost.com/…/muslims-and-evolution-in-the..

https://republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/18/

Silahkan tulis komentar