Berbagai Hoax Dimasa Pandemi Corona

 


Di negara yg sebagian besar penduduknya males membaca sumber kredibel, serta gak ngerti caranya cari informasi yg benar di google, tapi percaya setengah mati isu2 konspirasi gak jelas di WA keluarga. Hasilnya pasti membuat banyak orang percaya hoax, terutama dari generasi Bommer (generasi 45 tahun keatas) dan generasi Z (17 tahun kebawah). Dan hoax semacam ini lama kelamaan berbahaya karena penyebab banyak orang meninggal sia2 karena percaya isu2 ini.

 

Beberapa hoax yg sering ane lihat berseliweran di Wa itu antara lain adalah :

 


1.  “Ambulance kosong mondar-mandir untuk menteror warga”

Faktanya : Karena saking banyaknya kasus corona di berbagai kota besar sering kali ambulance mondar-mandir dalam keadaan kosong setelah mengatarkan pasien kerumah sakit, atau baru mengantarkan jenazah kekuburan, atau lagi sibuk cari alamat pasien yg sedang minta tolong saat isolasi mandiri.

Sumber : https://www.merdeka.com/…/cek-fakta-tidak-benar…


2.  “Pasien corona pasti meninggal di rumah sakit, tidak ada pasien corona meninggal di rumah atau ditempat lain. Jadi pasti rumah sakit mengcovidkan orang”

Faktanya : Ada ratusan bahkan mungkin ribuan pasien corona yg meninggal di rumah saat isolasi mandiri atau di tempat lain (selain rumah sakit), karena telat mendapatkan pertolongan.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/…/ratusan-pasien-covid-19


3.  “Corona hoax karena kmrn ada demo tapi kok gak ada peserta demo yg kena corona, padahal demonya bergerombol gitu”

Faktanya : Sering kalo di temukan peserta demo terkena corona di berbagai daerah.

Sumber : https://jatim.inews.id/…/23-peserta-demo-penolakan-ppkm


4.  “Corona cuman hoax karena tidak ada orang gila yg kena corona”

Faktanya : Ada ribuan orang gila yg kena corona.

Sumber : https://news.detik.com/…/1934-orang-dengan-gangguan..


5.  “Vaksin corona haram karena mengandung babi”

Faktanya : Vaksin kandungan utamanya adalah virus yg sudah dimatikan atau bagian virus (mRNA) yg sudah di modifikasi untuk memancing sistem imun tubuh mengenal virus corona yg asli klo datang menyerang. Gak ada kaitannya vaksin dengan minyak babi.

Sumber : https://health.detik.com/…/tanggapi-mui-astrazeneca…


6.  “Vaksin berbahaya karena akan menyebabkan kematian massal dan genosida terstruktur”

Faktanya : Justru sebaliknya walaupun vaksin tidak membuat 100% orang kebal virus corona, tapi vaksin sudah terbukti mengurangi keparahan dan mencegah resiko kematian klo terinfeksi virus corona. Ini udah dibuktikan di berbagai negara bukan hanya di Indonesia.

Sumber : https://www.kompas.com/…/vaksin-sinovac-dan-pfizer…


7.  “Virus corona adalah PLANdemic dan ajang bisnis untuk memperkaya para dokter dan nakes”

Faktanya : Justru banyak dokter dan nakes yg tunjangan dan insentifnya belum dibayarkan, bahkan karena hal ini banyak nakes dan dokter yg mengundurkan diri. Karena mereka udah berjuang dengan resiko tinggi tapi tunjangan dan insentif mereka tidak kunjung dibayarkan pemerintah.

Sumber : https://megapolitan.kompas.com/…/sejumlah-nakes-undur…


8.  “Banyak rumah sakit mencovidkan pasien sehat untuk mendapatkan duit dari pemerintah, makanya jangan kerumah sakit biar gak dibisnisin”

Faktanya : Justru banyak rumah sakit yg sedang kesulitan keuangan karena menanggung pengeluaran sangat besar selama menangani pasien corona karena pemerintah sering menunggak pembayaran penanganan pandemic ini.
Selain itu klo menemukan rumah sakit yg di duga mencovidkan orang, atau punya bukti kuat ada rumah sakit nakal yg mencovidkan orang, kemenkes bersama Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) udah sejak kapan hari membuka jalur pengaduan ke nomer : 1500567, atau SMS ke : 081281562620, atau email ke : [email protected], atau datang langsung ke gedung Sujudi, kementrian kesehatan di Jakarta.


 

Lihatkan sebenarnya ada banyak hoax tentang corona ini yg gampang di debunk klo kita mau mencari sumber kredibel dan hal ini sangat berguna agar teman, kerabat, maupun keluarga kita sendiri gak celaka karena mengikuti hoax dan isu sesat yg beredar di WA keluarga atau kerabat.
BTW : klo ada masukan hoax lagi bisa komen di bawah dan kita debunk bareng2 biar pandemik ini bisa cepat terkendali.

 

 

 

Keep Reading

PreviousNext

Comments

Silahkan tulis komentar